blog
Pengertian Tabungan, Jenis, dan Keuntungan Memilikinya
Komunal Indonesia
16 Februari 2022

Mengenal kata menabung biasanya akan identik dengan kata menyimpan uang. Terkadang masih terdapat saja banyak orang yang belum mengetahui secara jelas pemahaman tabungan atau menabung itu sendiri.


Maka dari itu kita akan mengupas penjelasan detail mengenai pengertian tabungan, jenis dan juga informasi detail mengenai tips untuk menabung. Pada artikel ini, kami akan berikan daftarnya untuk Anda.


Pengertian Tabungan


Tabungan sering dikenal masyarakat sebagai sebuah simpanan uang yang berasal dari pendapatan dan tidak dibelanjakan. Simpanan uang (tabungan) ini bisa diambil kapan saja tanpa terikat waktu. Bahkan bisa Anda tarik tunai secara mandiri melalui fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang diberikan oleh berbagai bank.



Sebagai informasi, nasabah dapat menarik tabungannya dengan mudah karena bank memberikan kemudahan dalam hal penarikan, misalnya adanya mesin ATM yang tersebar dimana-mana, adanya ATM bersama yang memudahkan nasabah untuk menarik tabungannya di mesin ATM bank lain.



Sebelum adanya perbankan masyarakat menyimpan uangnya di rumah, seperti di lemari maupun dibawah kasur. Dan dengan penyimpanan yang seperti itu sangat tidak efektif, karena memiliki resiko kehilangan yang tinggi.



Dengan adanya sistem keuangan baru yang menyediakan produk tabungan masyarakat, banyak hal yang sudah mulai tertarik untuk menabung di bank karena banyak keuntungan yang diperoleh, antara lain uang yang disimpan aman dan uang nasabah akan bertambah dengan adanya bunga bank.



Tabungan yang ditawarkan di bank disediakan untuk memenuhi pelayanan masyarakat dalam penyimpanan uang dalam bentuk tabungan maupun dalam bentuk penyediaan dana bagi masyarakat. Jadi siapapun dapat melakukan aktivitas keuangan secara terstruktur apabila menyimpan uangnya sebaik mungkin.


Jenis - Jenis Tabungan



Tabungan juga memiliki jenis-jenisnya dan ini bisa dipahami dengan mudah bagi individu yang ingin memulai aktivitas menabung bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Jenis tabungan tersebut yaitu:



1. Tabungan Konvensional


Tabungan konvensional merupakan salah satu jenis tabungan yang uangnya dapat diambil kapan saja dan tidak memiliki batas waktu penyetoran. Sebagian besar masyarakat di Indonesia memiliki tabungan konvensional. Menjadi nasabah dari tabungan konvensional akan diberi sebuah nomor rekening dan kartu ATM yang dapat nasabah gunakan untuk melakukan penarikan tanpa harus pergi ke bank.



2. Tabungan Investasi


Tabungan investasi ini terdiri dari beberapa tabungan, karena terdapat jangka waktu tertentu untuk dilakukan penarikan. Jenis dari tabungan investasi antara lain:


Tabungan rencana


Tabungan rencana ini mirip dengan deposito. Tujuan dari tabungan rencana yaitu sebagai simpanan untuk rencana tertentu yang sudah direncanakan oleh nasabah. Saldo dari tabungan rencana dapat ditarik dalam jangka waktu tertentu.


Deposito


Deposito memiliki bunga yang cukup besar dibanding dengan jenis tabungan konvensional. Nasabah akan diberi pilihan untuk memilih jangka waktu penarikan, seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, ataupun 12 bulan.


3. Tabungan Haji


Seperti namanya, simpanan tabungan haji ini akan difungsikan untuk rencana ibadah haji. Tabungan haji ini akan direkomendasikan pada nasabah yang sudah memiliki rencana untuk melaksanakan ibadah haji agar rencana ibadah haji lebih terarah dan pasti. Jika saldo sudah mencapai batas minimal untuk mendaftar haji, nasabah bisa langsung mendaftar ke Kementerian Agama untuk mendapatkan nomor antrian.


4. Tabungan giro


Tabungan giro digunakan sebagai alat transaksi bisnis. Perusahaan yang biasanya menjadi nasabah dari tabungan giro. Nasabah menggunakan cek atau bilyet giro untuk melakukan transaksi. Jenis tabungan giro ini tidak akan diberi buku tabungan. Hanya sebuah catatan transaksi selama satu bulan yang disebut dengan rekening koran.



Fungsi Tabungan



Terdapat beberapa fungsi tabungan yang bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan kehidupan yang akan datang.


Mulai dari perencanaan dana pendidikan anak, cadangan dana untuk keperluan tak terduga dan perencanaan uang untuk pensiun. Jadi fungsi tabungan dapat diketahui sebagai berikut:


1. Perencanaan Dana Pendidikan


Setiap orang tentu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi guna memperluas wawasan dan memperdalam ilmu. Akan tetapi biaya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang tinggi memang dibutuhkan biaya yang besar pula.


Fungsi tabungan yang pertama adalah untuk perencanaan dana pendidikan, jadi pendidikan adalah salah satu investasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.


2. Cadangan Dana untuk Risiko Tertentu


Fungsi kedua dari tabungan adalah sebagai cadangan dana untuk risiko tertentu. Dengan mempunyai tabungan akan memberikan cukup kesempatan bagi Anda guna mengubah dan meminimalisir beban yang akan ditanggung. Dengan perencanaan baik, maka berbagai masalah dapat diatasi dengan lebih mudah tentunya.


3. Investasi Masa Depan


Fungsi tabungan yang ketiga adalah sebagai investasi di masa depan. Anda dapat menyisihkan sebagian uang untuk diinvestasikan untuk menambah sumber pendapatan Anda. Investasi ini bisa berupa real estate, reksa dana, saham, emas, obligasi dan lain sebagainya. Masing-masing metode investasi ini memiliki karakteristik serta keuntungannya tersendiri.


4. Hindari Sikap Konsumtif


Menghindari sikap konsumtif adalah salah satu fungsi tabungan. Ya, dengan kebiasaan menabung ini, Anda akan terbiasa untuk memperhatikan prioritas kebutuhan dan bisa menghindari konsumsi barang-barang yang tak diperlukan. Dengan begitu, pendapatan setiap bulan ini dapat dialokasikan dengan baik dan juga tepat tentunya.


5. Hidup Bebas Hutang


Fungsi tabungan lainnya adalah agar membuat hidup Anda terbebas dari hutang. Seperti kita ketahui berbagai kebutuhan dan pengeluaran memang tak dapat dihindari. Apabila Anda tidak memiliki sumber daya yang cukup, maka terpaksa harus melakukan pinjaman guna mencukupi kebutuhan dan keperluan yang ada.


Tips Menabung yang Benar



Tujuan menabung setiap orang bisa beragam. Ada yang ingin menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pernikahan, atau untuk menabung dalam satu tahun untuk tujuan jangka pendek.


Dengan mengetahui tips menabung yang benar, kita bisa mencapai tujuan finansial dengan mudah. Mulai dari pengusaha, karyawan, mahasiswa, atau pelajar harus mengerti cara untuk menabung dengan baik untuk masa depan masing-masing.



1. Tentukan Tujuan Menabung


Tips menabung pertama yang bisa diaplikasikan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas. Sehingga, Anda akan lebih termotivasi untuk membiasakan diri dalam menabung.


Setelah itu menuliskan keinginan yang Anda miliki, silahkan jabarkan berdasarkan jangka waktu pencapaiannya.



2. Tentukan Target Angka dan Waktu Menabung


Cara menabung paling efektif adalah dengan mengetahui target serta waktu yang diperlukan agar tabungan kita tercapai. Kita bisa memperkirakan harga barang yang kita minati, atau anggaran kasar total biaya.


Kemudian, kita tentukan waktu menabung yang kita inginkan untuk mencapai tabungan tersebut.



3. Catat Pemasukan dan Pengeluaran Saat Ini


Uang untuk menabung pada dasarnya didapatkan dari pemasukan setelah digunakan untuk pengeluaran. Dengan memiliki pencatatan keuangan yang jelas, kita bisa mengerti bagaimana mengalokasikan anggaran untuk menabung.



4. Cari Penghasilan Tambahan


Selain berhemat, tidak ada salahnya menambah penghasilan agar dapat menambah tabungan. Memiliki pemasukan sampingan tentu bisa membantumu dalam menambah penghasilan bulanan dan menyehatkan keuangan. Pemasukan itu bisa didapat lewat menjalani pekerjaan paruh waktu yang dilakukan sebelum, saat, atau usai jam kerja kantor berakhir.



5. Rajin Berinvestasi


Menabung tidak hanya mengumpulkan uang di lemari pakaian atau celengan. Dengan berbagai pilihan produk keuangan modern saat ini, kita bisa menabung di tempat dan cara yang berbeda sesuai kebutuhan. Beberapa pilihan produk investasi juga membantu memastikan uang tabungan tetap tumbuh dan mengalahkan inflasi.



Salah satu tren menabung di Indonesia kini adalah berinvestasi, termasuk menanamkan tabungan Anda melalui Deposito melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
Apalagi, kini terdapat wadah deposito BPR yang aman melalui Komunal Deposito BPR dengan suku bunga hingga 6%.




Itulah sejumlah informasi perihal serba-serbi tabungan yang ada di Indonesia. Kini, tentu Anda bisa mempertimbangkan mengenai langkah keuangan ini dari segi pemahaman, jenis hingga tips untuk melakukan tabungan agar Anda tidak salah langkah dan dapat mewujudkan apapun tujuan tabungan Anda. Selamat menabung!




share

Bagikan