blog
Menutup Tahun 2022 dengan Pencapaian Tinggi, Komunal Raih Pendanaan Baru yang Dipimpin oleh East Ventures
Mustika Jati
20 Januari 2023
Menutup Tahun 2022 dengan Pencapaian Tinggi, Komunal Raih Pendanaan Baru yang Dipimpin oleh East Ventures

JAKARTA, 17 Januari 2023 - Komunal, perusahaan fintech pertama yang berfokus pada digitalisasi BPR untuk meningkatkan inklusi finansial di kota-kota tier 2 dan 3 di Indonesia, memperoleh pendanaan baru senilai US$ 8,5 juta (sekitar 132 miliar rupiah) yang dipimpin oleh East Ventures (Growth fund). Putaran pendanaan ini turut diikuti oleh AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, Ozora and Gobi Partners. Dana segar ini akan digunakan untuk mengakselerasi misi perusahaan, yaitu untuk mendorong inklusi finansial dan memperkuat ekosistem neo-rural bank di Indonesia, terutama di luar Jabodetabek.



CEO Komunal, Hendry Lieviant, mengatakan “Kami berterima kasih untuk kepercayaan yang diberikan para Investor, para mitra BPR, dan semua pelanggan setia Komunal. Kepuasan tersendiri bagi kami melihat mitra-mitra BPR tumbuh melalui digitalisasi dan pelanggan setia kami dapat dengan mudah dan aman mengakses simpanan dan pinjaman secara digital. Di tahun 2023, kami berharap layanan Komunal dapat memberikan benefit lebih luas, khususnya untuk pengguna dan mitra BPR diluar Jawa dan Bali,”



Ia menambahkan, “Kami optimis kolaborasi antara fintech dan incumbent banks (termasuk BPR) akan menciptakan sinergi yang luar biasa. Komunal melihat potensi kemitraan dengan BPR untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM di kota-kota tier 2 dan 3,”



Di Indonesia, industri fintech memiliki potensi yang cukup besar, terutama dalam membantu perkembangan UMKM. Fintech dapat membantu pelaku UMKM dalam memberikan kemudahan dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan dan juga permodalan.



Selama 2022, Komunal telah menyalurkan simpanan dan pinjaman sebesar US$ 230juta (sekitar 3,6 triliun rupiah) ke BPR dan UMKM lokal. Angka ini menunjukkan pertumbuhan sebesar 350% YoY dibandingkan di tahun 2021 di mana jumlah simpanan dan pinjaman yang disalurkan adalah US$ 50 juta (setara dengan 781 miliar rupiah). Volume transaksi diperkirakan akan melebihi US$ 500 juta pada tahun 2023. Selain itu, Komunal juga telah membukukan EBITDA positif sejak Oktober 2022, mencatat pertumbuhan serta profitabilitas di saat yang bersamaan.



Hingga saat ini, terdapat lebih dari 220 BPR dari 19 provinsi di Indonesia yang telah bergabung ke dalam platform DepositoBPR by Komunal. Dengan demikian, masyarakat dapat menempatkan deposito secara digital kepada ratusan BPR di seluruh Indonesia tanpa tatap muka namun tetap aman karena jaminan LPS dan mendapatkan bunga yang lebih tinggi dari bank umum.



Saat ini Komunal memiliki dua lini bisnis, yaitu DepositoBPR by Komunal dan Komunal P2P Lending. Kedua bisnis ini bergerak di industri fintech dengan misi mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia. DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi marketplace pertama untuk produk Deposito BPR di Indonesia. Sedangkan Komunal P2P Lending adalah Platform P2P Lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia.



“Sebagai pendukung awal Komunal, kami telah menjadi saksi dari pertumbuhan dan berbagai pencapaian Komunal. Kami percaya pada kegigihan dan inovasi yang telah dan pastinya akan terus dihadirkan dari Hendry dan Tim akan semakin mempercepat digitalisasi di sektor keuangan. Kami bersemangat untuk terus melihat kontribusi dari Komunal dalam mewujudkan inklusi keuangan untuk masyarakat Indonesia,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.



Dr. Peter Jacobs Ditunjuk Menjadi Komisaris Komunal


Komunal dengan bangga mengumumkan bergabungnya Dr. Peter Jacobs menjadi Komisaris per 1 Januari 2023. Dr. Peter Jacobs telah berkarir di Bank Indonesia sejak tahun 1991 dan memegang beberapa peran strategis seperti Coordinator of World Bank IMF meeting di 2018. Jabatan terakhirnya di Bank Indonesia adalah sebagai Kepala Departemen Jasa Perbankan, Perizinan, dan Operasional Tresuri periode 2019-2022.



“Kami sangat senang untuk menyambut kehadiran Pak Peter di Komunal. Pengalamannya yang luas di Bank Indonesia akan sangat berharga dan memberikan warna dan perspective tersendiri bagi seluruh tim Komunal,” ujar Hendry.



Dr. Peter Jacobs mengungkapkan bahwa inisiatif Komunal untuk melakukan sinergi yang kuat dengan BPR di seluruh Indonesia merupakan inovasi cerdas yang dapat mendukung inklusi finansial. Dengan penunjukan Dr. Peter Jacob, Komunal berencana untuk menambahkan jajaran posisi senior untuk mempercepat misinya dalam memberikan layanan terbaik kepada UMKM, BPR dan masyarakat luas.



Tentang DepositoBPR by Komunal


DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi marketplace pertama produk deposito bank BPR di seluruh Indonesia. Platform DepositoBPR diluncurkan oleh Komunal untuk membantu BPR go-digital dan lebih mudah terhubung dengan para nasabah. Komunal terus berkomitmen untuk mengembangkan inovasi berkelanjutan dan meningkatkan kualitas platform demi kenyamanan dan keamanan para pengguna.



Tentang East Ventures


East Ventures adalah perusahaan venture capital (VC) yang terbuka pada seluruh sektor (sector-agnostic) dan pelopor investasi startup Indonesia. Berdiri pada tahun 2009, East Ventures telah bertransformasi menjadi sebuah platform holistik yang menyediakan investasi tahap awal hingga tahap lanjutan untuk lebih dari 250 perusahaan di Asia Tenggara.


Sebagai perusahaan yang percaya pada ekosistem startup di Indonesia, East Ventures adalah investor pertama di unicorn Indonesia, yaitu Tokopedia dan Traveloka. Perusahaan lainnya yang tergabung dalam portofolio East Ventures adalah Ruangguru, SIRCLO, Kudo (diakuisisi oleh Grab), Loket (diakuisisi oleh Gojek), Tech in Asia, Xendit, IDN Media, MokaPOS (diakuisisi oleh Gojek), ShopBack, KoinWorks, dan Sociolla.



East Ventures dinobatkan sebagai VC berkinerja tinggi paling konsisten secara global oleh Preqin dan investor paling aktif di Asia Tenggara dan Indonesia oleh beberapa media. Selain itu, East Ventures merupakan perusahaan venture capital pertama di Indonesia yang menandatangani Principle of Responsible Investment (PRI) yang didukung oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). East Ventures berkomitmen untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan membawa dampak positif kepada masyarakat melalui inisiatif dan praktik yang berlandaskan environmental, social and governance (ESG).




share

Bagikan