blog
Mengapa Kita Harus Investasi? Seberapa Penting Sih?
Komunal Indonesia
03 Desember 2021

Apa itu investasi? Investasi bisa disamakan dengan tabungan untuk masa depan. Tabungan yang artinya tidak akan digunakan dalam kebutuhan konsumsi melainkan bisa dimanfaatkan untuk menunjang aset dan kekayaan di masa depan.


Setiap orang pada dasarnya memerlukan tabungan untuk jangka panjang. Namun seringnya lebih mengutamakan kebutuhan jangka pendek yang sebenarnya tidak terlalu penting. Padahal memiliki investasi sangat besar manfaatnya bagi kesejahteraan seseorang.


Minimal menghindarkan dari keinginan mengajukan pinjaman. Akan lebih tenang jika memiliki aset berharga yang nilainya menjanjikan untuk masa tua. Jadi sangat disarankan memilikinya sejak dini meski dimulai dari modal kecil.


Ada banyak instrumen yang dapat dipilih sesuai kemampuan dan tujuan masing-masing. Bukan hanya bagi perusahaan besar, secara individual juga dapat memiliki investasi baik jangka panjang maupun pendek sehingga lebih menguntungkan.



Apa Itu Investasi dan Seberapa Pentingnya


Bila ingin berinvestasi, maka salah satu hal paling penting yaitu harus memiliki komitmen supaya fokus mengembangkannya. Pertama harus tahu dulu arti penting dari investasi sebelum melakukannya. Sehingga tahu kenapa melakukannya.


Investasi adalah suatu mekanisme membuat supaya aset Anda nantinya dapat bekerja. Sehingga pada saat yang diharapkan aset tersebut menghasilkan keuntungan dan kekayaan. Berikut arti pentingnya sebagai alasan untuk memulai berinvestasi:


1. Meningkatkan Kekayaan


Aset berupa uang baik dari gaji maupun penghasilan usaha akan menghasilkan keuntungan di masa mendatang. Saat ini Anda bekerja untuk uang, beberapa tahun kemudian investasi akan bekerja untuk Anda sendiri.


Investasi hari ini sama saja dengan mempersiapkan kekayaan dan kemapanan di masa depan. Itulah kenapa diperlukan persiapan yang matang sejak awal supaya lebih siap saat melakukannya dan hasilnya bisa dirasakan.



Source :

Salah satu hasil yang pasti dirasakan adalah jumlah aset dan kekayaan meningkat dalam jangka panjang. Sehingga ini sama saja memiliki dana pensiun ketika masa tua tiba.


2. Antisipasi Terhadap Inflasi


Investasi tidak lepas dari inflasi. Setiap tahun bisa saja terjadi inflasi yang menyebabkan harga kebutuhan meningkat. Otomatis ini membuat Anda harus membayar lebih tinggi untuk barang yang sama sepanjang waktu.


Kondisi tersebut belum tentu diimbangi dengan kenaikan gaji atau peningkatan pendapatan usaha. Namun jika sudah memiliki investasi meski nilainya kecil, dapat digunakan untuk melawan laju kenaikan harga yang terjadi sekarang.


Minimal Anda dapat beradaptasi dengan membeli barang kebutuhan menggunakan aset yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sehingga terjadinya inflasi dalam banyak hal seperti ini dapat teratasi dengan baik karena sudah memiliki persiapan.



3. Kebutuhan Dana Darurat


Tidak ada yang tahu tentang masa depan. Bisa jadi 2 atau 3 tahun sejak sekarang tanpa perencanaan sebelumnya memiliki kebutuhan besar dan mendadak. Misalnya biaya pengobatan yang tidak di-cover asuransi.


Biaya masuk pendidikan Anda yang meleset dari prediksi, renovasi rumah rusak akibat bencana dan sebagainya. Jika tidak memiliki simpanan sebelumnya, jalan yang ditempuh pasti dengan melakukan pengajuan pinjaman karena praktis.


Padahal pinjaman sebenarnya merugikan, karena Anda harus membayar bunga dan denda keterlambatan bayar. Kondisi lebih aman saat Anda memiliki simpanan yang dipersiapkan sejak jauh hari daripada mengajukan pinjaman dengan bunga.




4. Financial Freedom


Ingat bahwa Anda tidak akan selamanya bekerja sebagai karyawan. Pengusaha juga pada saatnya nanti perlu pensiun dan menikmati hari tua bahagia. Investasi yang Anda miliki adalah jalan menuju kebebasan finansial.


Atau disebut juga dengan financial freedom. Anda tidak perlu lagi bekerja mengejar uang. Meski masih aktif bekerja atau melakukan rutinitas usaha, namun tujuannya bukan lagi uang dan profit seperti awalannya.


Kehidupan Anda lebih seimbang sebab semua kebutuhan sudah terjamin meski tidak lagi bekerja. Kehidupan akan menjadi lebih nyaman dan tenang bisa diciptakan dengan memulai investasi sejak dini dengan persiapan matang.


Saat Anda masih produktif, sisihkan gaji atau penghasilan untuk disimpan dalam media menguntungkan. Anda dapat mulai hanya dengan Rp 100.000 saja dengan potensi imbal hasil sebesar 2% setiap bulan.


Investasi lebih mudah dan menyenangkan di Komunal. Pasti dijamin untung karena dilengkapi dengan asuransi kredit. Bagi Anda yang masih ragu tentang apa itu investasi bisa sambil belajar melalui platform Komunal.


share

Bagikan