blog
Menangkan Award dalam G20 Indonesia 2022, Komunal Berkomitmen untuk Membangun Perekonomian Daerah
Bhaskara Chandra Prasetya
06 September 2022
Menangkan Award dalam G20 Indonesia 2022, Komunal Berkomitmen untuk Membangun Perekonomian Daerah

Dalam agenda penutupan forum Digital Innovation Network (DIN) G20 Indonesia 2022 yang bertempat di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Badung, Bali (9/4/2022), Komunal berhasil menyabet penghargaan The Winner of Favorite Votes untuk kategori teknologi finansial (fintech).


Sebagaimana diketahui bahwa G20 merupakan forum kerja sama 19 negara + organisasi regional Uni Eropa sebagai entitas dengan perekonomian terbesar di dunia. Presidensi G20 Indonesia 2022 sendiri merupakan kali pertama bagi Indonesia bertindak sebagai tuan rumah yang diselenggarakan sejak 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022, dengan bertempat di Pulau Dewata. Digital Innovation Network (DIN) menjadi salah satu dari rangkaian agenda G20 Indonesia 2022, yang diorientasikan untuk mendorong terciptanya kerja sama kooperatif di antara pelaku industri, sehingga dapat mendukung pemulihan pasca pandemi Covid-19 secara global. DIN Startup Pitching sendiri terbagi ke dalam 5 sektor prioritas, yaitu healthcare, green and renewable energy, education technology, supply chain, dan financial inclusivity.



Komunal sendiri terpilih untuk mempresentasikan profil perusahaan pada sektor financial inclusivity. Dalam G2O Digital Innovation Network (DIN) 2022 ini, terdapat 400 partisipan yang berasal dari 42 venture capitals, 56 startups, dan sejumlah policy makers (pembuat kebijakan di bidang digital dan korporasi). Dengan kata lain, Komunal bersaing dengan 55 startups lainnya dari seluruh dunia dalam Startup Pitching, hingga akhirnya terpilih sebagai The Winner of Favorite Votes untuk kategori fintech.




Hendry Lieviant selaku Co-Founder & CEO dari Komunal menekankan tiga hal yang mampu mendukung realisasi dari tema G20 Indonesia 2022: recover together, recover stronger. Pertama adalah pentingnya pemberdayaan masyarakat pasca pandemi Covid-19 melalui instrumen pembiayaan P2P Lending. Kedua tentang bagaimana membangun sinergitas di antara perusahaan, pemerintah, BPR, dan masyarakat untuk mewujudkan inklusi keuangan melalui saran investasi DepositoBPR. Terakhir, Hendry menegaskan bahwa dengan menjamurnya startup berbasis fintech di Indonesia dewasa ini, maka hal tersebut merupakan momentum yang tepat untuk memperbaiki kondisi ekonomi melalui pemanfaatan digitalisasi.


Dengan berhasil menorehkan prestasi yang gemilang ini, Komunal berkomitmen ke depannya akan terus berinovasi dan bertransformasi untuk membantu membangun perekonomian daerah. Melalui perhelatan G20 Digital Innovation Network (DIN) 2022, Komunal juga berharap agar momentum tersebut dapat digunakan sebagai katalisator di antara startup, pemilik modal, global governance, dan korporasi lainnya untuk terus berkolaborasi dalam meningkatkan perekonomian di tingkat global.


share

Bagikan