blog
Literasi Finansial: 5 Konsep dasar Untuk Mencapai Kesuksesan Finansial
Komunal Indonesia
04 Mei 2022

Literasi finansial merupakan salah satu hal penting, sebagian orang mungkin memahami seberapa pentingnya untuk ter-literasi secara finansial, namun tidak semua orang mengetahui secara pasti apa yang dimaksud dengan hal tersebut.



Literasi finansial sendiri merupakan sebuah kemampuan dalam memahami serta memanfaatkan berbagai macam keterampilan finansial, seperti manajemen finansial, budgeting, hingga investasi secara efektif. Mereka yang pintar secara finansial tentunya memiliki keterampilan sekaligus pemahaman yang dibutuhkan untuk menerapkan konsep keuangan dasar dalam kehidupan sehari-hari mereka.



Seseorang yang dikatakan pintar secara finansial, mempunyai sumber daya atau kemampuan untuk mengambil keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan serta bertanggung jawab, atas pendidikan terkait keuangan, dan mengelola diri mereka untuk masa depan yang lebih baik dan aman.



Jika melihat dari sisi masyarakat Indonesia yang mayoritas merupakan keluarga yang hidup dengan mengandalkan upah yang terbatas karena harus dibagi dan digunakan untuk pengeluaran sehari-hari, maka dengan memahami literasi terkait finansial merupakan satu hal yang begitu penting.



Semakin rendah literasi finansial yang dimiliki seseorang, maka akan semakin tinggi pula resiko untuk menjadi korban penipuan. Oleh karena itu, dasar ilmu yang kuat dapat membantu serta mendukung terciptanya berbagai macam tujuan dalam hidup.



Ketika seseorang dapat ter-literasi secara finansial dengan baik akan memudahkan Anda untuk mengalokasikan penghasilan pada banyak tujuan yang dimiliki secara terus menerus. Sehingga tidak hanya dapat mengelola pengeluaran, tetapi juga dapat membangun tabungan, melunasi utang-utang, serta memenuhi dana darurat juga.



Mengenal Lebih Jauh Literasi Finansial


Literasi finansial merupakan sebuah kemampuan dalam mengaplikasikan pemahaman, keterampilan dalam pengambilan keputusan terkait finansial guna meningkatkan kesejahteraan finansial, baik secara individu maupun sosial, serta berpartisipasi untuk lingkungan masyarakat.



Anda dapat mengetahui sejauh mana pemahaman Anda soal literasi finansial yang dapat dinilai berdasarkan 5 komponen berikut:


  • Anda dapat melihat seberapa banyak yang dihasilkan, termasuk penghasilan tetap, pendapatan lain seperti investasi atau usaha sampingan dan pajak yang perlu dibayar.

  • Kedua dengan melihat cara menabung serta berinvestasi, termasuk dengan bagaimana mengumpulkan dana darurat dan menyisihkan sebagian dana yang diperuntukan tujuan finansial jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Bagaimana cara memproteksi uang yang dimiliki melalui asuransi dan mengetahui cara untuk menghindari tindakan penipuan.

  • Mengatur pengeluaran dengan bijak dengan menggunakan budgeting plan dan mencari serta membandingkan harga saat berbelanja untuk menghindari pemborosan.

  • Mengetahui bagaimana cara meminjam uang dengan tingkat suku bunga serendah mungkin, serta bagaimana caranya membangun kredit yang tepat dengan membuat kebiasaan pembayaran cicilan dengan tepat waktu.

Alasan Mengapa Literasi Finansial Sangat Penting


Keuangan memegang mayoritas peran dalam hampir setiap aspek kehidupan kita. Hal ini dapat dilihat melalui rumah yang menjadi tempat tinggal, mobil yang digunakan, makanan yang dikonsumsi dan diberikan pada keluarga, serta pendidikan yang akan diperoleh anak-anak dimasa yang akan datang. Hal yang baru saja disebutkan merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya semuanya membutuhkan uang itulah mengapa literasi finansial sangat dibutuhkan.



Tidak hanya sebatas itu saja, memiliki kemampuan dalam pemahaman literasi finansial sangat berguna dalam banyak aspek bidang kehidupan. Sehingga, ketika Anda dikatakan pintar secara finansial, Anda akan dengan mudah membuat keputusan yang lebih tepat nantinya. Riwayat cicilan juga menentukan apakah Anda termasuk golongan yang memenuhi syarat untuk jenis pinjaman serta kredit tertentu.



Nilai kredit yang jauh lebih tinggi tentu dapat membantu untuk menurunkan nilai suku bunga saat Anda mengajukan pinjaman uang, dengan begitu Anda dapat menghemat uang hingga jutaan rupiah selama masa pinjaman.



Selain itu, Ada beberapa faktor tertentu yang menjadikan literasi finansial sangat penting untuk saat ini daripada sebelumnya. Perkembangan zaman membuat adanya perbedaan landscape antara generasi sebelum dan sesudah. Dulu kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan uang tunai atau cek untuk melakukan transaksi alih-alih menggunakan kartu kredit, dan sebagian besar transaksi belum terjadi secara online seperti saat ini. Kemajuan teknologi telah memberikan lebih banyak metode pembayaran yang mudah untuk dilacak.



Literasi finansial tidak hanya penting untuk orang yang memiliki finansial yang stabil, Justru sebaliknya, konsep ini bahkan jauh lebih penting untuk siapapun yang tidak memiliki finansial yang stabil untuk dikelola, karena orang-orang tersebut tentunya hanya memiliki sedikit uang untuk disisihkan.



Sebagai orang yang paham dan pintar secara finansial, dengan adanya literasi finansial Anda dapat dengan mudah membuat rencana keuangan yang tepat, meminimalisirkan jumlah hutang, menyimpan uang untuk keadaan darurat di masa yang akan datang, dan menyimpan dana untuk hari tua atau pensiun yang nyaman.




Bagaimana Cara Menjadi Cerdas Secara Finansial?


Untuk menjadi cerdas secara finansial terdapat lima prinsip dasar terkait keuangan yang menjadi latar belakang untuk pengelolaan uang serta kesuksesan finansial. Jika Anda mampu menguasai lima konsep tersebut,Dapat dipastikan Anda akan menjadi seseorang yang cerdas secara finansial.



Penghasilan


Cari tahu seberapa banyak penghasilan Anda dipotong guna membayar pajak penghasilan, Jaminan Sosial, serta Pajak Kesehatan. Jangan lupa untuk pastikan keuntungan dari segi karyawan, kontribusi apa yang diberikan pemberi kerja untuk asuransi kesehatan serta sejumlah potongan-potongan lainnya.



Dengan memahami informasi tersebut dapat membantu Anda dengan informasi berharga yang akan berguna di masa depan saat melamar pekerjaan baru.



Menabung Dan Investasi


Menabung merupakan salah satu prinsip finansial yang paling mendasar, namun sayangnya tidak semua orang memiliki tabungan dengan jumlah yang cukup untuk digunakan saat keadaan darurat. Untuk menjadi seseorang yang cerdas secara finansial maka strategi yang saat ini wajib menjadi prioritas.



Perlindungan


Tentunya Anda tidak ingin penghasilan yang Anda dapatkan dengan kerja keras hilang begitu saja. Itulah mengapa pentingnya untuk melindungi kekayaan yang kamu miliki. Salah satu aspek penting untuk melindungi kekayaan yakni dengan memiliki asuransi.



Anggaran Kebutuhan Dan Belanja


Tidak banyak orang yang menggunakan dan merencanakan anggaran belanja padahal anggaran belanja merupakan salah satu prinsip literasi finansial yang cukup penting untuk menjadi sukses sekaligus cerdas secara finansial. Aspek yang satu ini merupakan salah satu kunci sukses untuk mencapai tujuan finansial jangka pendek maupun jangka panjang.



Pinjaman


Pinjaman merupakan salah satu prinsip penting untuk dipahami supaya semua orang dapat menjadi cerdas secara finansial.



Menjadi peminjam yang cerdas tentunya membutuhkan sedikit usaha. Pertama, Anda perlu mengetahui riwayat cicilan terlebih dahulu kemudian pastikan Anda memiliki laporan keuangan yang bersih yang dapat dipenuhi dengan melakukan pembayaran semua tagihan secara tepat waktu.



Itu dia penjelasan mengenai literasi finansial yang perlu diketahui semua orang untuk menjadi seseorang yang cerdas secara finansial. Ada banyak cara untuk mencapai kesuksesan finansial, salah satunya dengan menginvestasikan uang Anda.



Komunal hadir sebagai lembaga keuangan yang terpercaya dan terjamin karena sudah terdaftar di OJK dan dijamin oleh LPS, mulai investasi sekarang juga untuk mencapai kesuksesan finansial di masa yang akan datang. Kunjungi website kami sekarang juga di



share

Bagikan