blog
Jenis-Jenis Deposito Beserta 4 Keunggulannya!
Komunal Indonesia
09 Mei 2022
Salah satu metode yang dapat dijadikan pilihan untuk menyimpan uang secara aman dan ideal dan menguntungkan adalah


Tak hanya memiliki fungsi sebagai tabungan berjangka, deposito juga dapat dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi yang akan memberikan keuntungan. Dapat dikatakan, profit rata-rata yang ditawarkan deposito pun relatif terbilang stabil apabila dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti saham, emas bahkan obligasi.



Imbal hasil yang ditawarkan juga cukup tinggi dengan jaminan pengembalian yang stabil tersebut. Itulah alasan yang menjadikan produk investasi yang ditawarkan perbankan satu ini masih terus menjadi primadona di kalangan investor dan memiliki peluang yang cukup sehat dari tahun ke tahun.



Mengenal Deposito, Instrumen Investasi Dengan Tingkat Resiko Rendah


Mungkin hampir semua investor mengetahui apa itu deposito, namun untuk masyarakat yang masih awam dengan produk investasi yang satu ini serta jenis-jenis deposito tidak perlu khawatir. Deposito merupakan produk simpanan yang ditawarkan oleh bank dimana penyetoran dan penarikannya hanya boleh dilakukan saat waktu yang telah ditentukan saja. Jika dana yang telah didepositokan dicairkan sebelum waktu yang telah ditentukan sebelumnya, maka nasabah harus membayar denda atau penalti yang nominalnya ditentukan oleh bank.



Idealnya, deposito memiliki jangka waktu mulai dari 3, 6, 12, hingga 24 bulan. Prinsipnya adalah semakin lama jangka waktu yang dipilih, maka bunga yang didapatkan akan semakin tinggi. Ada beberapa jenis-jenis deposito yang ditawarkan oleh bank.



Soal keamanan, produk investasi yang satu ini sudah sangat terjamin keamanannya. Pasalnya, produk investasi ini dijamin langsung oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan sehingga Anda tidak perlu khawatir.



Jenis-Jenis Deposito


Setelah memahami apa itu deposito, hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah jenis-jenis deposito yang beredar dipasaran. Seperti yang telah dijelaskan diatas, instrumen investasi yang satu ini menerapkan jangka waktu tertentu yang membuat Anda tidak dapat mencairkan uang sebelum waktu jatuh tempo. Meski demikian, Anda dapat melakukan perpanjangan masa deposit secara otomatis menggunakan sistem ARO atau Automatic Roll Over.



Berikut ini jenis-jenis deposito yang perlu Anda ketahui



1. Deposito Berjangka


jenis-jenis deposito pertama adalah deposito berjangka yang merupakan salah satu jenis instrumen yang paling populer dikalangan masyarakat dimana memiliki peminat tertinggi dibanding instrumen investasi lainnya. Pencairan deposito berjangka tersebut hanya dapat dilakukan saat waktu tertentu berdasarkan kesepakatan serta pilihan yang ditetapkan di awal. Produk investasi ini dapat dikeluarkan atas nama perorangan maupun lembaga. Pihak bank akan memberikan bunga secara langsung yang ditransfer melalui rekening yang terdaftar.



Nilai suku bunga yang ditawarkan dari instrumen investasi deposito berjangka ini termasuk nilai yang tinggi jika dibandingkan dengan tabungan simpanan biasa.



2. Sertifikat Deposito


Jenis-jenis deposito yang selanjutnya adalah sertifikat deposito yang merupakan sertifikat tanda bukti investasi yang tidak tertuju hanya pada nama seseorang atau lembaga tertentu sebagai pemilik. Hal ini menjadikan sertifikat instrumen investasi deposito satu ini dapat dengan mudah dipindahtangankan ataupun diperjualbelikan.




3. Deposito On Call


Sepertinya belum banyak yang tahu apa itu deposito on call. Tak jauh berbeda dengan jenis-jenis deposito lainnya, Deposito on call merupakan produk investasi berupa tabungan berjangka dengan waktu penyimpanan yang relatif lebih singkat, yakni minimal 7 hari dan maksimal 1 bulan. Jenis instrumen investasi yang satu ini hanya dapat digunakan untuk penyimpanan dana dengan jumlah yang sangat besar.



Pencairan bunganya juga dapat dicairkan bersamaan dengan pencairan deposito dengan syarat nasabah sudah menginformasikan sebelumnya bahwa deposito tersebut akan diambil atau dicairkan.




Keunggulan Menggunakan Deposito



1. Mendapatkan Bunga


Dengan memiliki deposito Anda akan mendapatkan keuntungan yang didapatkan dari suku bunga dengan nilai yang relatif kompetitif dari tabungan simpanan biasa. produk investasi yang satu ini menawarkan suku bunga hingga 3 kali lipat dari suku bunga tabungan simpanan biasa. Besaran bunga yang ditawarkan ditetapkan berdasarkan jangka waktu penyimpanan yang telah dipilih. Bunga yang didapatkan tersebut dapat langsung Anda gunakan untuk mengembangkan dana tabungan atau dimanfaatkan untuk kebutuhan Anda yang lain.



2. Uang Anda Tersimpan Dengan Aman


Dengan menginvestasikan uang Anda dengan jenis-jenis deposito diatas, Maka uang yang Anda simpan tersebut akan tersimpan dengan aman di bank. Bersama LPS, bank menjamin dana yang Anda investasikan melalui instrumen investasi yang Anda miliki senilai Rp2 miliar dengan nilai suku bunga tertinggi. Jadi, jangan khawatir karena deposito sangat aman.




3. Investasi Yang Mudah Dan Minim Resiko


Bukan rahasia umum lagi jika deposito menjadi salah satu cara untuk menyimpan dan mengembangkan dana Anda dengan aman dan mudah dilakukan untuk para investor pemula. Risiko yang dimiliki deposito sangat kecil hal itu dikarenakan dana yang diinvestasikan dijamin langsung oleh LPS.



Risiko pada deposito hanya mungkin terjadi apabila negara mengalami masalah politik yang cukup seperti krisis ekonomi yang parah. Selain itu, nilai deposito cenderung jarang mengalami perubahan atau tetap dan stabil, atau secara sederhana dapat tidak terpengaruh kondisi pasar modal serta pasar uang.



4. Mudah dalam mengakses bunga


Keuntungan serta manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari instrumen investasi satu ini adalah kemudahan dalam mengakses bunga. Sehingga, meskipun uang deposito tidak dapat dicairkan sesuka hati, bunga yang merupakan profit dari deposito tetap dapat diambil oleh nasabah. Pihak bank akan mentransfer bunga deposito Anda secara langsung ke rekening nasabah.



Tips Memilih Deposito


Setelah mengetahui mengenai deposito serta jenis-jenis deposito di atas, Anda dapat menggunakan tips dibawah ini untuk menabung dan memilih deposito yang bagus.


  • Pastikan bank dimana Anda akan membuka rekening deposito memiliki reputasi yang baik serta standar kualifikasi baik dari Bank Indonesia. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda merasa tenang selama berinvestasi.

  • Lakukan riset perbandingan jenis-jenis deposito yang sesuai kebutuhan.

  • Jangan mudah tergiur dengan investasi yang menawarkan suku bunga yang tinggi. utamakan lembaga keuangan yang diawasi oleh OJK dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Jika Anda ingin berinvestasi menggunakan deposito, Komunal memiliki program deposito berjangka yang dapat dengan mudah dilakukan dan menawarkan nilai suku bunga yang kompetitif. Pastikan deposito mana yang lebih cocok dengan Anda berdasarkan jenis-jenis deposito diatas. Mulai investasikan uang Anda untuk mencapai kesuksesan finansial di masa yang akan datang.



Kunjungi website kami melalui link berikut



share

Bagikan