blog
Jenis Deposito Terbaik 2022 dan Tips untuk Memilihnya
Komunal Indonesia
09 Februari 2022

Salah satu produk simpanan di bank yang menjanjikan imbal hasil atau bunga yang lebih baik dibandingkan dengan tabungan biasa adalah Deposito.



Dalam dunia perbankan, deposito berarti menyimpan uang dalam waktu yang sudah disepakati nasabah (deposan) dan bank. Simpanan jenis ini memiliki popularitas yang tak lekang waktu dikarenakan keuntungan yang ditawarkan.



Jenis deposito yang bisa dipilih pun beragam dengan tawaran keuntungan yang berbeda. Aturan dasarnya, semakin besar nominal yang disetor semakin besar juga bunga atau keuntungan yang diterima deposan.



Bicara tentang manfaatnya, simpanan deposito adalah pilihan yang tepat sebagai penambah modal bisnis Anda. Tentu menyimpan aset melalui Deposito layak dipertimbangkan jika bermaksud ekspansi secara global. Dari sisi bank, semakin besar kumpulan dana deposito maka kemampuan memberikan suku bunga simpanan kepada deposan juga besar.



Saat ini, ada beberapa jenis deposito terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Mari kita bahas satu per satu.


Jenis-jenis Deposito


Deposito adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah. Meskipun begitu, sediakan waktu untuk memilih jenis simpanan deposito terbaik bagi bisnis Anda. Berikut ini jenis-jenis deposito dan perbedaannya yang perlu Anda ketahui.


Deposito Berjangka



Deposito jenis ini adalah salah satu jenis deposito terbaik di Indonesia paling banyak peminat. Sesuai namanya, produk ini memiliki jangka waktu pencairan sesuai kesepakatan antara Anda (deposan) dan bank tempat Anda menyimpan deposito. Jangka waktu atau tenor penyimpanan mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 36 bulan.



Kelebihan Deposito Berjangka


(+) Dapat dijadikan investasi


Seperti investasi pada umumnya, saat menyimpan dana di jenis deposito ini, deposan cukup menyetor dana di awal pembukaan. Walaupun begitu, sangat boleh menambah setoran setiap bulan untuk mendapatkan hasil besar.



(+) Suku bunga tinggi


Bukan tanpa alasan deposito berjangka menjadi jenis deposito terbaik Indonesia. Suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi, mulai dari 3-5% per tahun dan bersifat tetap. Bahkan, ada juga yang menawarkan bunga hingga 6% per annum, seperti Deposito BPR.



(+) Risiko kerugian rendah


Jenis deposito ini termasuk minim risiko karena tidak terpengaruh sistem pergerakan pasar. Jadi, kecil kemungkinan mengalami kerugian.




Kekurangan Deposito Berjangka


(-) Efek inflasi



Inflasi atau penurunan nilai mata uang disebabkan oleh naiknya harga barang/jasa secara drastis dan terus-menerus. Akibatnya, nilai uang yang didepositokan bisa mengalami penurunan juga.



(-) Imbal hasil rendah


Jika nilai tabungan deposito Anda tinggi maka keuntungan yang didapat juga tinggi. Begitu pun jika nilai simpanan rendah, hasilnya juga rendah. Dibandingkan investasi lain seperti saham dan properti, keuntungan deposito berjangka termasuk rendah namun aman.





Deposito On Call


Jenis deposito ini adalah simpanan berbentuk setoran yang akan digunakan oleh penyedia setoran bagi deposan yang memiliki dana besar untuk waktu yang terbilang singkat.


Karena itu, bentuk setoran ini biasanya akan diterbitkan dengan nama pemilik sehingga tidak dapat diperjualbelikan. Untuk besaran bunganya, pada deposito on call biasanya dihitung per bulan serta disesuaikan menurut kesepakatan antara nasabah dan pihak bank.



Kelebihan Deposito On Call


(+) Jangka waktu penempatan sebentar



Dibandingkan jenis deposito berjangka, deposito on call memiliki tenor yang lebih pendek, mulai dari 3 hari sampai 4 minggu.



(+) Bisa diambil kapan saja


Lain dengan deposito berjangka, deposito on call bisa diambil sewaktu-waktu, tidak harus menunggu hingga akhir tenor. Pencairan bunga dilakukan dengan pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak bank bahwa yang bersangkutan akan melakukan pencairan deposito. Namun, kembali lagi pada kebijakan bank terkait ketentuan deposito ini.



(+) Tingkat bunga negotiable


Tak seperti jenis deposito biasa, tingkat suku bunga yang bisa Anda dapatkan dari deposito on call bisa dinegosiasikan dengan pihak bank. Jika dana yang Anda tempatkan cukup besar, bukan tidak mungkin mendapatkan tingkat bunga yang lebih menarik.



Kekurangan Deposito On Call



(-) Nominal penempatan cukup besar


Umumnya, nominal penempatan deposito bisa dimulai dari Rp500 ribu atau Rp1 juta. Namun, untuk simpanan deposito on call, minimum penempatan biasanya mulai dari Rp100 juta.



(-) Suku bunga lebih rendah


Meski pendapatan bunga deposito ini bisa dinegosiasikan, tingkat suku bunganya tak setinggi deposito berjangka mengingat tenornya juga singkat. Jadi, imbal hasilnya pun relatif lebih rendah dibandingkan deposito lain.



Deposito Automatic Roll Over


Deposito ini tak begitu berbeda dari deposito berjangka. Tepatnya, Automatic Roll Over (ARO) merupakan fasilitas deposito yang mengendapkan simpanan Anda hingga jatuh tempo yang disesuaikan tiba. Namun, jika sampai waktu tenor selesai Anda belum mencairkannya, fitur ARO akan otomatis memperpanjang tenor deposito tanpa persetujuan Anda sampai jangka waktu yang sama.



Misalnya, Anda memiliki simpanan deposito untuk tenor 24 bulan. Namun, hingga jatuh tempo Anda tidak mencairkannya. Maka ARO akan otomatis memperpanjang sampai 24 bulan lagi sehingga perolehan suku bunga deposito Anda tetap berjalan. Tetap menguntungkan, bukan?



Kelebihan Deposito Automatic Roll Over



(+) Menggunakan deposito ARO berarti mempermudah proses menabung karena tidak perlu mengurus sendiri jika Anda ingin memperpanjang masa simpanan deposito.



Kekurangan Deposito Automatic Roll Over



(-) Perpanjangan otomatis dilakukan tanpa persetujuan Anda terlebih dahulu sehingga akan menyulitkan jika ingin mencairkan sebelum tenor yang sudah telanjur diperpanjang.



Sertifikat Deposito



Sertifikat deposito merupakan salah satu dari macam-macam deposito berupa simpanan yang buktinya dapat dipindahtangankan atau diperjualbelikan.


Artinya, siapa pun selain Anda bisa mencairkan dana di sertifikat deposito asalkan bisa menunjukkan bukti sertifikatnya.


Deposito jenis ini cocok menjadi pilihan investasi, warisan, atau hibah. Dari segi perhitungan bunga, sertifikat deposito dapat diterima di muka, tak seperti deposito lain yang diterima pada akhir tenor.



Kekurangan Sertifikat Deposito



(-) Rawan kehilangan


Ketika memiliki sertifikat deposito, Anda perlu ekstra hati-hati sebab bisa saja hilang atau dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab.


Perhatikan Ini Saat Memilih Deposito


Setelah mengetahui jenis-jenis deposito dan perbedaannya, selanjutnya ada beberapa faktor yang wajib Anda crosscheck sebelum menentukan bank yang tepat.



1. Reputasi Bank Tempat Anda Menyimpan Uang



Reputasi bank adalah faktor pertama yang penting Anda ketahui agar merasa aman dan nyaman selama ‘menitipkan’ uang di sana. Perhatikan apakah bank memiliki likuiditas yang baik, sistem keamanan mantap, laporan keuangan yang stabil, juga pelayanan terbaik.



2. Suku Bunga Deposito



Umumnya, tiap-tiap bank menentukan suku bunga deposito yang berbeda. Semakin tinggi tingkat bunganya, semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan. Misalnya, di


3. Jangka Waktu Deposito



Dalam menentukan jangka waktu deposito (tenor), sebaiknya sesuaikan dengan tujuan investasi Anda. Sebab, perbedaan tenor turut berdampak pada besaran bunga yang diberikan. Misalnya, untuk membiayai campaign bisnis Anda 2 tahun kedepan, pilih tenor 24 bulan.



4. Biaya-biaya Deposito



Ketika investasi deposito, Anda tak hanya menyerahkan uang dan menunggu hingga jatuh tempo. Beberapa bank mungkin membebankan biaya admin bulanan dan biaya penalti (jika melakukan withdrawal sebelum jatuh tempo), sementara yang lainnya tidak. Jadi, sebelum telanjur dan kecewa, pastikan dulu biaya-biaya di luar uang pokok agar tak kecewa saat mengambil hasilnya nanti.



5. Fitur yang Diberikan



Faktor terakhir yang tak kalah penting, ketahui juga fitur yang diberikan bank kepada deposan. Misalnya, apakah bank memberikan fasilitas perpanjangan deposito otomatis alias Automatic Roll Over, atau penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Pastikan fitur yang tersedia mempermudah Anda.




Simpan Dana Deposito Anda pada Jenis Deposito Terbaik 2022



Tahun 2022 hanya tinggal hitungan bulan. Dengan memilih jenis deposito terbaik menjelang akhir tahun ini, Anda sudah menjamin keberlangsungan keuangan bisnis Anda hingga beberapa tahun kedepan.




Di era serba-digital, memilih jenis deposito dipermudah dengan adanya inovasi perbankan. Melalui platform Komunal DepositoBPR, deposan dapat menemukan Mitra BPR pilihan yang terdaftar dan diawasi OJK dengan mudah. Beragam peluang deposito tersedia dengan tenor mulai dari 3 bulan dan suku bunga yang ditawarkan hingga 6% per tahun.





share

Bagikan