blog
Investasi Deposito di BPR: Aman atau Tidak?
Komunal Indonesia
21 April 2022

Dengan banyaknya pilihan jenis investasi, seorang investor perlu mempertimbangkan berbagai aspek sebelum memutuskan untuk menanamkan modal yang dimiliki. Mulai dari segi keamanan, besaran bunga, hingga situasi terburuk yang mungkin terjadi.

Contohnya, jika Anda memutuskan memiliki tabungan Deposito di BPR. Mungkin sesekali terlintas di benak Anda mengenai kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Mulai dari gagal bayar, BPR yang dilikuidasi LPS, dan lain lain.
Hal-hal ini tentu membuat Anda bertanya-tanya, apakah aman untuk investasi Deposito di BPR? Komunal Indonesia telah rangkumkan penjelasan singkat mengenai apa itu DepositoBPR, kelebihan dan kekurangan, serta cara menyiasati kemungkinan terburuk yang terjadi pada investasi Anda.



Daftar isi;


  1. 1.

    Tentang DepositoBPR


  1. 2.

    Investasi di DepositoBPR: Ya atau Tidak?


  1. 3.

    Keunggulan Deposito BPR di Komunal Indonesia


  1. 4.

    Cara Mendaftar jadi Deposan di DepositoBPR di Komunal


  1. 5.

    Jika Hal Buruk Terjadi, Kemana Dana yang Sudah Diinvestasikan?


  1. 6.

    Proses Pencairan Dana Jika Deposan Meninggal


  1. 7.

    BPR Mengalami Kondisi Menjadi Bank Gagal dan Dilikuidasi oleh LPS


  1. 8.

    Jika BPR Mengalami Gagal Bayar


Tentang DepositoBPR


DepositoBPR adalah produk dari Komunal Indonesia dimana para nasabah dapat mengikuti program deposito dengan mitra BPR (Bank Perkreditan Rakyat) terpilih. Mitra-mitra BPR yang ada dalam Komunal memiliki suku bunga lebih tinggi dari bank umum yakni hingga 6% dan memiliki masa simpan hingga 12 bulan.



Investasi DepositoBPR: Ya atau Tidak?


Akan ada banyak manfaat yang Anda rasakan jika berinvestasi di DepositoBPR. Berikut beberapa keunggulan depositoBPR;



Bunga Tinggi



Dibanding bank konvensional, deposito di BPR lebih untung karena bunganya lebih tinggi. Bahkan, suku bunga di deposito BPR dapat meraih hingga angka 6%!



Bunga Tenor Tetap



Keunggulan yang kedua dari DepositoBPR adalah bunga tenor tetap sampai jatuh tempo. Anda dapat berinvestasi di DepositoBPR hingga 12 bulan. Namun, jangan khawatir, bunga tenor yang akan Anda dapatkan tidak akan berubah hingga tanggal jatuh tempo.



Produk Beragam



DepositoBPR menawarkan

Keamanan Terjamin


Tentunya menyediakan investasi yang aman adalah prioritas utama bagi DepositoBPR. Nasabah tak perlu khawatir, karena BPR sudah diseleksi dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar per nasabah. Artinya, BPR adalah bank terpercaya yang tidak ada bedanya dengan bank umum lainnya sehingga tak perlu diragukan lagi.



Namun, untuk membuka Deposito BPR, Anda harus pergi ke kantor BPR seperti bank konvensional lainnya. Tentu saja hal ini sedikit merepotkan terutama bagi nasabah yang sibuk dan tak sempat keluar dari kantor pada jam kerja.



Untungnya, saat ini DepositoBPR bekerjasama dengan Komunal dalam sistem digitalisasi, sehingga memudahkan nasabah yang ingin membuka DepositoBPR.



Apa Saja Keunggulan DepositoBPR di Komunal?


Adanya Komunal Indonesia sebagai wadah Deposan terhubung dengan mitra BPR pilihan memudahkan masyarakat untuk berinvestasi yang aman dan mudah.


Berikut keunggulan membuka akun Deposito dalam BPR pilihan Komunal Indonesia.



Berinvestasi dari Mana Saja


Tak perlu pergi ke kantor BPR lagi, kini nasabah dapat membuka DepositoBPR dimana saja dan kapan saja melalui handphone atau laptop. Tentu hal ini sangat efektif dan memudahkan, bukan?



Menghubungkan dengan BPR di Seluruh Indonesia


Kini nasabah memiliki beragam pilihan saat ingin memilih deposito. Nasabah dapat memilih berinvestasi pada BPR yang ada di luar kota atau bahkan luar pulau tempat tinggal.



Fitur yang Memudahkan


Jangan khawatir, Komunal telah mendesain website DepositoBPR dengan fitur yang lengkap namun mudah untuk dipahami. Fitur-fitur yang ada di website DepositoBPR akan memudahkan nasabah dalam melakukan pengajuan deposito.


Selain memudahkan nasabah dalam membuka deposito, kerjasama antara BPR dan Komunal juga telah meningkatkan berbagai hal di BPR seperti membantu dalam hal digitalisasi, membantu UMKM di Jawa Timur, membantu kinerja yang sempat terpengaruh pandemi karena perusahaan harus menyesuaikan dengan digitalisasi dan juga membantu dalam hal case ratio atau likuiditas.


Melalui kerjasama ini, BPR juga lebih dikenal masyarakat sehingga terjadi pertumbuhan dana pihak ketiga yang cukup signifikan yakni 20%. Bahkan, pertumbuhan deposito di BPR Nusumma Jatim sampai dengan akhir Oktober 2021 mencapai 42%.



Cara Mendaftar jadi Deposan di DepositoBPR di Komunal


Pertama, buat akun terlebih dahulu:


  1. 1.

    Siapkan e-mail aktif dan KTP


    Buka

  1. 3.

    Isi data pribadi sesuai KTP, lalu masukkan alamat e-mail dan password


  1. 4.

    Isi informasi umum


  1. 5.

    Unggah foto KTP dan selfie


  1. 6.

    Baca dan setujui syarat ketentuan


  1. 7.

    Lakukan verifikasi melalui email


  1. 8.

    Tunggu hingga rekening bank Anda diverifikasi maksimal 1 hari kerja


  1. 9.

    Tunggu hingga akun Privy Anda dibuat



Nah setelah memiliki akun Privy, Anda dapat mengajukan deposito. Berikut caranya:


  1. 1.

    Masuk ke akun Anda, lalu pilih deposito yang diinginkan


  1. 2.

    Masukkan jumlah penempatan dana yang diinginkan


  1. 3.

    Isi alamat sesuai KTP atau sesuai domisili


  1. 4.

    Ajukan deposito dan tanda tangani dokumen Privy


  1. 5.

    Setelah disetujui, segera lakukan pembayaran melalui tautan email


  1. 6.

    Setelah pembayaran selesai, Anda hanya perlu menunggu bilyet dikirimkan ke alamat Anda!


Jika Hal Buruk Terjadi, Kemana Dana yang Sudah Diinvestasikan?


Walaupun tak ada yang menginginkan hal buruk terjadi, BPR dan Komunal telah menyediakan solusi terkait hal buruk yang bisa saja terjadi di masa depan. BPR dan Komunal menjanjikan deposito yang aman sehingga nasabah tak perlu khawatir lagi.


Proses Pencairan Dana Jika Deposan Meninggal


Ahli waris dapat mengurusnya dengan menghubungi Mitra BPR untuk melakukan konfirmasi bahwa deposan telah meninggal dunia. Setelah itu, Ahli waris dapat melakukan konfirmasi kepada Tim Komunal:


  1. 1.

    Mitra BPR akan menghubungi Tim Komunal untuk melakukan konfirmasi kembali dan berkoordinasi untuk melakukan pengecekkan data Deposan yang berada di Komunal untuk melakukan pembaruan data.


  1. 2.

    Setelah itu, Ahli waris dapat berkoordinasi dengan Mitra BPR terkait syarat dan ketentuan proses pencairan dana.


BPR Mengalami Kondisi Menjadi Bank Gagal dan Dilikuidasi oleh LPS


Deposan dapat mengajukan mengajukan klaim penjaminan simpanan dari LPS. Untuk pengajuan klaim penjaminan simpanan layak dibayar LPS, deposan menyimpan wajib menunjukkan/menyerahkan dokumen-dokumen berikut kepada bank pembayar.


Berikut berkas yang dibutuhkan;


  1. 1.

    Identitas diri (KTP/SIM/Passport) asli dan fotokopi nasabah.


  1. 2.

    Bukti kepemilikan simpanan (buku tabungan/bilyet deposito) asli dan fotokopi .


  1. 3.

    Dokumen lainnya yang mungkin diperlukan bank pembayar (surat keterangan pindah domisili, keterangan kehilangan bukti simpanan, dll).



Jika BPR Mengalami Gagal Bayar


Seluruh Mitra BPR yang bekerjasama dengan Komunal DepositoBPR adalah peserta penjaminan LPS. Sehingga, Deposito Anda juga mendapatkan perlindungan dari LPS. Jika mitra BPR mengalami kegagalan bayar yang mengakibatkan BPR dilikuidasi oleh LPS, maka dana Anda dapat diklaim melalui LPS. Jika diperlukan, Tim Komunal DepositoBPR juga dapat membantu mewakili Anda untuk melakukan proses tersebut.


Berinvestasi di DepositoBPR sudah terjamin aman, mudah dan menguntungkan. Bahkan, bagi yang baru mencoba berinvestasi, DepositoBPR adalah solusi tepat karena Anda dapat berinvestasi dari jumlah yang relatif kecil dengan suku bunga yang besar. Jadi tunggu apalagi?

Yuk, segera lakukan simulasi hitung deposito, buat akun dan ajukan deposito yang minim resiko!


share

Bagikan