blog
Investasi Aman: 4 Ciri-Ciri Dan Instrumen Investasi Yang Aman
Komunal Indonesia
05 Mei 2022
Investasi aman tentunya impian semua orang, saat ini investasi saham dan


Sudah banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya melakukan investasi, hal tersebut dapat dilihat melalui maraknya seminar yang membahas investasi dan bertambahnya orang-orang yang masuk ke dalam dunia investasi. Semakin banyak pula masyarakat yang paham bahwa siapapun dapat menginvestasikan uang yang dimilikinya sehingga investasi tidak hanya diperuntukan untuk orang yang memiliki banyak dana berlebih saja.



Mungkin sebagian orang lainnya masih menganggap dan terlalu asing dengan yang namanya investasi. Tak banyak juga yang masih belum berani untuk terjun kedunia yang satu ini karena merasa takut dan tak mengerti. Karena memang untuk melakukan investasi sebaiknya harus mencari tahu terlebih dahulu seluk beluk investasi mulai dari bagaimana sistem kerja investasi agar dapat menjalankan investasinya tanpa masalah sedikitpun..



Banyak orang takut untuk memulai karena menganggap Investasi memiliki resiko yang tinggi, yang dikhawatirkan dapat menyebabkan kebangkrutan. Resiko tentu ada, dan semua orang tentu saja dapat mengalami kerugian. Namun, begitulah ciri khas dari investasi. Resikonya memang terbilang besar karena profit yang akan didapatkan juga besar. Resiko kerugian tentunya dapat dihindari apabila Anda mempelajari satu demi satu strategi yang tepat.



Cara kerja investasi aman pun bergantung berdasarkan waktu. tentunya, semakin lama waktu kamu berinvestasi, maka akan semakin tinggi pula hasil yang akan didapatkan dari investasi tersebut.



Mengenal Investasi Aman Dan Ciri-Cirinya


Ada banyak sekali instrumen investasi yang ada di Indonesia, mulai dari saham hingga investasi deposito, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum melakukan investasi pastikan dulu untuk mengetahui ciri-ciri investasi aman, karena saat ini marak beredar investasi bodong yang tentunya akan merugikan Anda dan uang yang Anda investasikan tersebut tidak akan kembali sepeser pun. Berikut ciri khas investasi aman:



1. Pengelola Investasi Terdaftar Di OJK


Perusahaan pengelola investasi dalam bentuk saham ataupun investasi deposito yang sudah terdaftar di OJK idealnya sudah dapat dipastikan terpercaya dan terjamin aman. Dengan terdaftar di OJK menjadikan pengelola tersebut memiliki reputasi yang baik dimana hal ini merupakan ciri khas investasi aman yang perlu diperhatikan saat pertama ingin melakukan investasi.



Hindari untuk berinvestasi di sebuah perusahaan yang belum terdaftar di OJK karena bisa saja itu investasi tersebut adalah investasi bodong atau penipuan.



2. Janji Yang Ditawarkan Rasional


Dengan dana yang Anda simpan melalui sebuah investasi memang idealnya akan memberikan keuntungan. Namun profit yang akan didapatkan tersebut adalah keuntungan yang wajar, yang seimbang dengan dana yang Anda tanam. Umumnya pengelola investasi aman akan menawarkan keuntungan yang masih masuk akal.



Anda dapat mempercayai dana yang akan Anda investasikan pada lembaga tersebut. Kemudian apabila menemukan perusahaan yang menawarkan keuntungan yang tinggi Anda patut untuk mencarinya karena bisa saja investasi tersebut adalah investasi bodong atau penipuan.



3. Risiko Itu Selalu Ada


Perusahaan pengelola investasi aman umumnya akan menjelaskan secara detail mengenai risiko-risiko apa saja yang kemungkinan akan Anda alami saat melakukan investasi di tempat mereka. Dengan mengetahui segala resiko yang mungkin terjadi, Anda dapat mempersiapkan kemungkinan terburuk apabila sewaktu-waktu resiko tersebut terjadi.




4. Balik Modal Pada Waktu Yang Masuk Akal


Perusahaan pengelola investasi dapat dikatakan sebagai investasi aman jika perusahaan tersebut menjelaskan pada Anda bahwa Anda akan menerima keuntungan di jangka waktu yang wajar.



Berbagai Macam Instrumen Investasi Aman Yang Ada Di Indonesia


Setelah memahami ciri-ciri investasi aman, Anda perlu mengetahui berbagai macam pilihan investasi aman yang ada di Indonesia mulai dari investasi deposito hingga property . Investasi dibawah ini termasuk investasi yang aman serta dapat dengan mudah dipraktekkan oleh siapa saja.



1. Investasi saham


Selain investasi deposito, saham merupakan instrumen investasi yang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat. Dengan mempunyai kepemilikan saham di perusahaan tertentu, Anda dapat dikatakan sebagai pemilik perusahaan tersebut. Setiap perusahaan akan membagikan profit kepada semua pemegang saham perusahaannya.



Selain itu anda dapat meraih keuntungan yang akan didapatkan dalam waktu yang cukup teratur, Umumnya perusahaan akan membagikan keuntungan dua kali dalam waktu setahun.



Investasi saham memiliki risiko yang besar karena keuntungan yang akan didapatkan juga tentunya cukup besar. Karena itu investasi saham merupakan investasi yang harus dijalankan secara serius dan perlu strategi yang jitu.



2. Investasi emas


Tidak hanya investasi deposito, Investasi emas menjadi salah satu instrumen investasi yang paling diminati oleh banyak orang. Investasi emas dianggap sebagai investasi yang sangat aman dan dapat mendatangkan profit yang cukup besar juga karena logam mulia jarang mengalami penurunan harga yang signifikan.



Namun, Anda perlu menyimpan emas pada tempat yang aman untuk menghindari kehilangan. Anda juga dapat menitipkannya di lembaga yang terpercaya misalnya saja di bank yang pastinya memiliki tempat penyimpanan yang aman.



3. Investasi properti


Investasi properti juga menjadi primadona di berbagai kalangan karena investasi yang satu ini sangat aman dan tentunya memiliki keuntungan yang besar. Hal ini tentu didorong oleh faktor kebutuhan.Contohnya saja, apabila Anda berinvestasi dengan membeli kos-kosan dan hotel. tentunya membuat Anda memiliki investasi jangka panjang dimana harga properti sendiri selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.



Namun, investasi aman jenis ini mengharuskan Anda untuk tetap merawat aset properti dengan baik agar tidak mengalami penurunan harga. Hal ini tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit.



4. Investasi reksa dana


Investasi reksa dana adalah sebuah investasi yang berasal dari masyarakat yang kemudian dikelola oleh manajer investasi. Investasi yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar sehingga siapapun dapat menggunakannya. Meskipun dengan modal yang kecil namun tetap mendatangkan keuntungan.



5. Investasi deposito


Investasi deposito adalah investasi yang terbilang paling mudah, Anda hanya perlu menyimpan uang Anda seperti menabung pada umumnya, hanya saja untuk investasi deposito Anda hanya diperbolehkan mencairkan uangnya pada saat jangka waktu yang telah ditetapkan sudah jatuh tempo.


Itulah dia berbagai macam produk investasi aman yang dapat Anda jadikan alternatif pilihan dalam memulai investasi. Pastikan untuk memilih Lembaga keuangan yang aman karena saat ini ada banyak sekali Lembaga keuangan yang menipu nasabah nya dan menawarkan investasi bodong.


Dengan mengetahui ciri-ciri investasi aman Anda dapat terhindar dari investasi bodong yang akan merugikan Anda. Tentunya Anda tidak ingin uang Anda hilang atau terkena penipun, maka pastikan untuk memilih Lembaga yang terpercaya.


Nah, untuk Anda yang ingin mulai melakukan investasi deposito Anda dapat memulainya sekarang juga di Komunal lembaga keuangan yang terdaftar di OJK dan Terjamin oleh LPS. Kunjungi websitenya sekarang juga di
share

Bagikan