blog
Cara Menghitung Bunga Deposito Dengan Strategi Yang Tepat
Komunal Indonesia
02 Mei 2022

Deposito merupakan salah satu produk perbankan yang banyak dimanfaat sebagai media investasi yang seringkali dipilih oleh nasabah. Untuk menggunakan produk investasi yang satu ini, pastikan Anda mengetahui cara menghitung bunga deposito yang baik dan benar agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.



Perbankan menawarkan


Deposito banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan sebagai salah satu instrumen investasi deposito terbilang sebagai investasi yang aman dan memiliki risiko yang cenderung rendah. Pasalnya, deposito juga sudah masuk dalam jaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Anda juga dapat melakukan perhitungan dengan menggunakan cara menghitung bunga deposito


Banyak bank yang menawarkan deposito bunga tinggi yang tentunya dengan nilai suku bunga yang berbeda-beda untuk setiap jangka waktu yang ditawarkan, mulai dari 3 bulan hingga satu tahun. Meskipun kebanyakan nilai suku bunga deposito masih di bawah tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh acuan Bank Indonesia atau BI Rate. Sebagai informasi saat ini suku bunga acuan yang ditetapkan oleh BI sebesar 3,5 persen dengan suku bunga acuan tersebut membuat hingga sekarang kebanyakan suku bunga deposito tertinggi biasanya di bawah angka 3,5 persen untuk bank umum, sedangkan bank bpr memiliki suku bunga yang lebih tinggi yakni mencapai 6.00%.



Dengan itu, Apabila ingin memanfaatkan deposito untuk menginvestasikan uang Anda, sebaiknya pahami dulu bagaimana cara menghitung bunga deposito dan mendapatkan deposito bunga tinggi.




Cara Menghitung Bunga Deposito Dengan Tepat


Nilai suku bunga deposito dapat berubah-ubah sewaktu-waktu, perubahan nilai suku bunga deposito dipengaruhi oleh perubahan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI Rate. Apabila suku bunga acuan naik yang ditetapkan oleh Bank Indonesia mengalami peningkatan, maka bunga deposito juga akan ikut meningkat.



Meskipun sudah cukup populer di kalangan investor, masih banyak masyarakat luar yang belum begitu mengerti mengenai program simpanan deposito ini termasuk cara menghitung bunga deposito yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.



Berdasarkan informasi yang didapat dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, Ada beberapa cara menghitung bunga deposito agar dapat mengetahui kisaran atau estimasi keuntungan dari dana yang diinvestasikan.



1. Menghitung Profit Bunga Deposito


Anda dapat menghitung profit yang akan didapatkan dari deposito bunga tinggi untuk mengetahui estimasi keuntungan yang akan didapatkan dengan menggunakan rumus yang sederhana, meskipun terlihat sederhana tetapi pastikan untuk menghitungnya secara detail dan rinci agar tidak ada kesalahan dalam menghitung.



Anda dapat langsung mengalikan nilai suku bunga deposito dengan nominal uang yang akan didepositokan serta jangka waktu yang Anda inginkan


Rumus: Nominal Uang Yang Ingin Didepositokan x Suku Bunga Deposito x Jangka Waktu Menyimpan Uang)/365.



Untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh cara menghitung bunga deposito dengan ilustrasi seorang nasabah Bank A ingin mendepositokan uangnya sebesar Rp 200 juta dan memilih jangka waktu selama 12 bulan dengan nilai suku bunga deposito sebesar 1,9 persen.


Sejak deposito menjadi produk simpanan uang dengan jangka waktu tertentu. Cara menghitung bunga deposito tentunya berbeda dengan produk tabungan biasanya. Dengan contoh ilustrasi di atas maka penghitungannya 1,9 persen x Rp 200 juta x 365 hari : 365 = Rp 3.800.000.


Berdasarkan hasil yang tertera di atas, dapat disimpulkan nasabah yang mendepositokan uangnya akan mendapatkan bunga deposito senilai Rp 3,8 juta selama 12 bulan. Setelah menghitung bunga deposito, Jangan lupa untuk menghitung juga pajak bunga deposito menggunakan rumus yang akan dijelaskan di bawah ini.




2. Menghitung Pajak deposito


Selain menghitung profit yang akan didapatkan dari suku bunga, menghitung pajak deposito juga menjadi salah satu hal yang penting untuk mendapatkan deposito bunga tinggi. Anda dapat menghitungnya menggunakan rumus yang mudah dan pastikan untuk menghitungnya secara detail dan teliti agar tidak terjadi kesalahan perhitungan.



Anda dapat menghitungnya dengan mengalikan tarif pajak yang harus dibayar dengan bunga deposito. Secara sederhana, dapat dihitung seperti ini 20% x Rp 3.800.000 =Rp 760.000 Setelah mengetahui nilai profit suku bunga deposito serta pajak yang perlu dibayarkan selanjutnya cara menghitung bunga deposito adalah menghitung untuk mengetahui total pengembalian deposito yang akan didapatkan.



3. Menghitung pengembalian deposito


Selain menghitung profit yang akan didapatkan dari suku bunga serta pajak yang akan dibayarkan, Anda juga diharuskan menghitung pengembalian dana deposito dengan benar.



Rumus: Nominal Uang Yang Akan di Investasi + (profit Bunga Deposito – Pajak Deposito)



Sebagai contoh agar mudah dipahami, Rp 200.000.000 + (Rp 3.800.000 - Rp 760.000) = Rp 203.040.000.



Setelah mendapatkan hasil dari perhitungan diatas maka dapat disimpulkan, total pengembalian dana deposito yang akan didapatkan setelah jangka waktu yang telah disepakati di awal berakhir adalah sebesar Rp 203.040.000. Sebagai informasi, angka yang tertera diatas merupakan nominal pengembalian yang telah dipotong tarif pajak.



Rumus dan cara menghitung bunga deposito yang dijelaskan diatas berlaku untuk para nasabah deposito konvensional. Sementara, untuk produk deposito syariah, nasabah dapat melakukan perhitungan dengan cara hitung bunga deposito syariah dengan akad mudharabah.



Itu dia rumus serta cara menghitung bunga deposito dengan tepat yang dapat Anda terapkan apabila ingin memulai untuk mendepositokan dana yang dimiliki dan mengetahui jumlah bunga deposito yang akan dihasilkan, pajak deposito, serta total pengembalian.




Strategi Agar Deposito Anda Jadi Investasi Menguntungkan


Jika Anda telah menentukan deposito untuk menyimpan dana sekaligus sebagai investasi yang paling tepat, anda dapat menggunakan beberapa strategi berikut agar dana yang Anda investasikan mendapat profit yang maksimal dan mendapatkan deposito bunga tinggi.



Tentukan Jangka Waktu Investasi


Pilih jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan dan situasi Anda, berapa lama Anda ingin menyimpan uang dalam deposito. Pilih jangka waktu yang sesuai karena hal ini akan mempengaruhi nilai suku bunga yang akan didapatkan tentunya semua nasabah menginginkan deposito bunga tinggi. Selama mendepositokan uang uang Anda pastikan terlebih dahulu untuk memiliki dana cadangan.



Bandingkan Suku Bunga Setiap bank


Untuk mendapatkan profit yang besar tentunya Anda perlu mencari layanan perbankan yang menyediakan deposito dengan suku bunga yang tinggi. Semakin tinggi suku bunga yang ditawarkan, maka semakin tinggi pula profit yang akan didapatkan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan dengan membandingkan suku bunga dari berbagai macam bank agar mendapatkan deposito bunga tinggi.



Hal ini dilakukan karena idealnya setiap bank memiliki suku bunga yang berbeda-beda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui bank mana yang menawarkan deposito bunga tinggi.



Itu dia penjelasan cara menghitung bunga deposito dan strategi untuk menghasilkan profit yang besar melalui deposito.



Saatnya investasikan uang Anda dan pilih bank deposito bunga tinggi yang sesuai harapan, Komunal hadir sebagai solusi investasi yang aman dan terpercaya serta menawarkan deposito bunga tinggi dan kompetitif. Kunjungi websitenya sekarang juga untuk penawaran menarik lainnya.




share

Bagikan