blog
13 Cara Mendapatkan Passive Income Terbaik Tahun 2022
Komunal Indonesia
14 Januari 2022

Anda mungkin pernah menemukan pertanyaan ‘Anda bekerja untuk uang, atau uang bekerja untuk Anda?’ dalam keseharian. Pertanyaan ini juga sering dikaitkan dengan kutipan terkenal dari Warren Buffet ‘If you don’t find a way to make money while you sleep, you will work until you die’. Menurut Warren Buffet, banyak orang kaya bisa tidur tenang bahkan menikmati pensiun di usia muda dengan membiarkan uang yang bekerja untuk mereka melalui passive income atau pendapatan pasif.

Passive income memungkinkan Anda untuk memiliki ‘keran’ penghasilan lain, disamping penghasilan utama yang diandalkan. Hal ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu terjadi krisis pada pos penghasilan utama Anda.



Sebenarnya, apa itu passive income?




Pengertian passive income adalah jenis penghasilan yang dihasilkan secara tidak langsung dengan melakukan aktivitas yang sangat minim atau tidak berkelanjutan. Bisa dikatakan, Anda tetap memiliki pendapatan meski sedang tidak bekerja.

Passive income menjadi jalan yang tepat bagi orang yang memiliki main job untuk bisa memperoleh penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan atau membebani pekerjaan utama tersebut.

Konsep dasar passive income sebenarnya adalah membangun di awal. Bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa sama sekali untuk mendapatkannya. Hal ini tentu membutuhkan kesabaran, kerja keras dan lebih banyak penelitian. Namun ketika passive income Anda ini sudah terbangun, maka Anda tinggal duduk manis menikmati penghasilan yang terus mengalir.



Seperti apa contoh passive income itu?



Banyak cara bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income. Anda bisa mulai dari hal yang Anda sukai atau miliki. Misalnya, Anda adalah mahasiswa berprestasi yang memperoleh beasiswa hingga sekolah ke luar negeri, Anda bisa membuat eBook untuk para scholarship hunter tentang cara mendapatkan beasiswa tersebut berdasarkan pengalaman yang Anda miliki. Atau jika Anda suka berkebun, Anda bisa membangun passive income dengan membuat video tutorial cara bercocok tanam dan konten berkebun lainnya lewat YouTube yang bisa ditonton kapan saja oleh orang-orang.

Berikut rangkuman 13 cara mendapatkan passive income yang patut Anda coba di tahun 2022.



13 Cara Mendapatkan Passive Income di Tahun 2022



Banyak hal lain yang bisa Anda coba untuk menambah penghasilan melalui passive income. Nah, berikut ini 13 cara mendapatkan passive income di tahun 2022!



1. Investasi Saham



Investasi saham saat ini begitu populer di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak? Masyarakat semakin dimanjakan dengan mudahnya akses untuk membeli saham dan mengelola portofolionya. Dengan membeli saham, Anda dapat menjadi salah satu pemilik dari produk maupun layanan favorit Anda!

Saham juga bisa menjadi pilihan berinvestasi yang lebih baik, uang yang hanya disimpan di bank nilainya bisa tergerus akibat inflasi. Anda bisa memulai bisnis baru atau bahkan dana hari tua dengan passive income yang terkumpul dari dividen triwulan. Ketika saham yang Anda miliki harganya meningkat dan Anda jual kembali, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Sebelum memutuskan untuk menanam saham di suatu perusahaan, Anda harus melakukan penelitian terhadap banyak perusahaan terlebih dahulu. Setelah itu, pantau portofolio investasi Anda untuk memastikan kinerjanya berjalan dengan baik.



2. Membeli Obligasi



Obligasi memungkinkan Anda untuk meminjamkan sejumlah uang kepada pihak penerbit obligasi dan sebagai imbalannya akan ada pembayaran bunga selama setengah tahunan. Ketika obligasi Anda jatuh tempo, pihak penerbit akan membayarkan kembali nilai investasi pokok Anda. Sejumlah bunga obligasi ini dapat Anda nikmati sebagai flow passive income.



3. Bisnis Properti



Bisnis properti setiap tahun akan semakin berkembang dan selalu menjanjikan. Selama manusia terus bertambah, kebutuhan akan properti juga akan terus bertumbuh. Hal inilah yang menjadi peluang Anda untuk mendapatkan passive income.

Anda bisa terjun dengan menawarkan real estate di samping pekerjaan utama Anda. Jika berhasil, keuntungan dari komisi yang Anda dapatkan bahkan bisa lebih besar dari main job Anda. Atau Anda bisa coba dengan menyewakan properti sebagai kos-kosan, kontrakan ataupun penginapan. Passive income yang dihasilkan pun bisa datang setiap tahun, bulan atau bahkan hitungan hari. Namun cara ini memang membutuhkan modal besar di awal karena Anda harus memiliki sebuah properti terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa menyerahkan urusan pemeliharaan maupun penempatan penyewa kepada pihak manajemen properti atau pengelola, sehingga nantinya Anda bisa duduk manis menikmati uang yang bekerja tanpa harus aktif mengurusnya.



4. Membangun Blog



Cara berikutnya untuk mendapatkan passive income adalah dengan membangun blog. Buat blog Anda sendiri, bangun dengan konten yang menarik, lalu Anda bisa mulai untuk menjadi publisher iklan. Uang bisa Anda hasilkan melalui Google AdSense untuk pemasangan iklan pada blog Anda ataupun dari brand yang bekerjasama untuk menampilkan produknya. Cukup siapkan domain, hosting serta konten pada website Anda. Anda juga bisa melengkapinya dengan tautan afiliasi melalui hyperlink maupun backlink yang mengarah pada produk lainnya.



5. Membuat Website Membership



Jika Anda sudah memiliki blog, Anda bisa mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih besar, lebih profesional, dan tentunya lebih menguntungkan. Anda dapat melanjutkan dengan membangun website yang menawarkan konten premium kepada pembacanya. Maka untuk menikmati konten premium tersebut,pembaca perlu memiliki membership atau subscription di situs Anda.



6. Online Course



Pandemi yang membatasi interaksi tatap muka manusia ternyata berdampak pada suburnya bisnis kursus online. Anda bisa membuat layanan kursus online Anda sendiri dengan mengandalkan kemampuan yang Anda miliki. Saat ini juga terdapat banyak sistem manajemen pembelajaran yang memudahkan Anda mengelola online course Anda. Anda bisa menawarkan kursus online untuk mempelajari bahasa, membuat kerajinan tangan, atau bahkan untuk mendalami sebuah soft skill seperti public speaking. Hal ini nantinya bisa Anda kembangkan menjadi bentuk pembelajaran lainnya, seperti webinar. Selain bisa berbagi ilmu, Anda pun bisa memperoleh pendapatan tambahan dari hal tersebut.



7. Membuat eBook



Anda ingin menciptakan passive income yang lebih praktis dari kursus online ? Buat saja materi yang Anda miliki menjadi sebuah eBook. Anda bisa menawarkan pembelajaran secara mandiri (self learned system) dengan menggunakan eBook ini. Tentukan apa pembahasan utama dalam eBook Anda nanti. Anda bisa menawarkan pemecahan masalah, pembahasan topik yang mendalam atau sekedar menjadi hiburan bagi pembaca. Tentukan juga target pembaca Anda, lalu publikasikan eBook Anda melalui platform penerbit ataupun melalui platform Anda pribadi.



8. Kemitraan Terbatas



Jika Anda memiliki sejumlah uang, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pendanaan pada usaha swasta yang Anda nilai memiliki prospek usaha yang baik, contohnya; melalui bank swasta maupun Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Melalui kemitraan terbatas, Anda dapat menanamkan sejumlah modal dan mendapatkan bagi hasil keuntungan yang nantinya bisa menjadi keran passive income Anda. Selama ada kesepakatan untuk Anda tidak berperan aktif dalam operasional usaha, saat itulah uang akan bekerja untuk Anda dan menghasilkan passive income.

Selain keuntungan, satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melangkah ke kemitraan terbatas ialah memastikan keamanan dari usaha yang dipilih. Beruntung, Komunal DepositoBPR telah mengkurasikan daftar BPR yang aman dan memiliki bunga tinggi untuk mengembangkan dana investasi Anda.

Dana investasi Anda akan disalurkan kepada mitra BPR untuk membantu pertumbuhan perekonomian di Indonesia, sekaligus mendatangkan passive income bagi Anda. Anda dapat kunjungi halaman ini untuk mulai kembangkan dana investasi Anda melalui BPR terpercaya.




9. Program Afiliasi Marketing



Belakangan, kepopuleran program afiliasi semakin meningkat dengan semakin banyaknya pihak yang menawarkan program kerja sama marketing jenis ini. Konsepnya sederhana, Anda cukup mempromosikan suatu produk atau layanan. Jika produk tersebut berhasil terjual, maka Anda akan mendapat persenan komisi. Anda bisa menggunakan berbagai media untuk mempromosikan, bisa secara tatap muka atau bahkan melalui media sosial. Teknik ini memungkinkan Anda untuk mendapat passive income bahkan tanpa modal sekalipun.



10. Jual Produk Fotografi



Anda memiliki hobi fotografi yang mumpuni? Suka traveling tapi hanya menyimpan foto untuk diri sendiri saja? Nah, Anda bisa mulai untuk menambah pendapatan menggunakan stok foto yang Anda miliki. Caranya yaitu dengan menjual foto-foto karya Anda melalui situs penyedia gambar. Untuk setiap foto yang diunduh, nantinya Anda akan mendapat bayaran. Jika hasil jepretan Anda cukup apik dan menarik, maka passive income akan berjalan selama foto Anda terus digunakan.



11. Jual Beli Domain atau Website



Website atau domain yang Anda miliki bisa menjadi sebuah investasi besar. Ketika situs Anda sudah mendapat banyak pengunjung, Anda bisa menjualnya ke pihak yang berkepentingan. Atau jika Anda cukup jeli melihat peluang, Anda bisa menyimpan sejumlah domain web yang berpotensi lalu menjualnya ketika ada yang membutuhkan.



12. Menjadi Dropshipper



Tidak perlu memiliki produk, menyiapkan gudang, atau mengepak pesanan sekalipun. Inilah keuntungan besar yang bisa didapat jika menjadi seorang dropshipper. Anda tinggal mencari supplier yang menawarkan layanan dropshipping, pasarkan produk tersebut di website Anda, lalu lakukan order melalui supplier tersebut.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya inventory, bahkan memulai usaha tanpa modal juga bisa. Kemampuan manajemen yang baiklah yang dibutuhkan dalam bisnis dropshipping ini. Pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan pendapatan pasif pun bisa didapat.



13. Monetisasi Channel YouTube



Hal ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Daripada hanya menghabiskan waktu untuk menonton saja, Anda bisa mulai membuat konten video dan membangun channel YouTube Anda sendiri untuk menghasilkan passive income.

YouTube memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat, mengunggah, bahkan untuk memonetisasi video. Selama video yang Anda upload masih ditayangkan dan ditonton, Anda akan terus menikmati keuntungan dari iklan yang ditampilkan. Nantinya Anda juga bisa mengembangkan pendapatan dari YouTube ini dengan menggandeng brand untuk muncul di video Anda, ataupun membuat merchandise sendiri.



Mana yang paling cocok untuk Anda?



Siap memulai passive income Anda? Dengan memulai langkah untuk menambah pos penghasilan adalah tombak kemajuan setiap individu untuk meraih kebebasan finansial. Jangan lupa, cara-cara mendapatkan passive income di atas masih bisa Anda sesuaikan dengan dana dan kemampuan yang Anda miliki sekarang. Anda dapat pula mengintegrasikan satu cara dengan cara yang lain untuk menghasilkan passive income yang maksimal.



share

Bagikan