blog
Apa Itu Deposito BPR, Bunga, dan Simulasi Perhitungannya
Komunal Indonesia
21 April 2022

Mengelola modal bisnis perlu disiasati dengan cermat agar tidak ‘hilang’ begitu saja. Salah satunya adalah dengan menyimpan sebagian modal Anda sebagai tabungan berjangka, alias deposito.



Menyimpan sebagian modal bisnis dalam bentuk tabungan Deposito


Oleh karena itu, penting untuk memilih wadah investasi deposito yang menawarkan imbal menarik dengan bunga tinggi. Contohnya adalah DepositoBPR dari Komunal Indonesia.



Mari ketahui lebih lanjut tentang apa itu DepositoBPR, keuntungan yang bisa Anda dapatkan, serta cara untuk menjadi deposan.




Apa itu DepositoBPR?


DepositoBPR adalah produk simpanan berjangka milik Bank Perkreditan Rakyat yang menawarkan suku bunga lebih tinggi daripada bunga deposito bank umum.



Para deposan bisa memilih jangka waktu penempatan (tenor) mulai 1 bulan hingga 12 bulan dari 1.500 produk deposito. Nantinya, dana simpanan akan dikelola oleh Mitra BPR berpengalaman yang tersebar se-Jawa Timur. Cara menjadi deposan BPR juga mudah melalui situsKomunal dalam beberapa langkah saja.


Kelebihan dan Kekurangan Investasi DepositoBPR


Investasi melalui DepositoBPR adalah pilihan yang minim risiko. Memastikan keunggulan dari produk deposito sebelum menempatkan dana adalah tahap krusial jika menginginkan imbal maksimal. Setelah mengetahui apa itu DepositoBPR, ada baiknya Anda mengenali kelebihan dan kekurangan Deposito BPR berikut ini.



Kelebihan DepositoBPR


Aman


Dana yang Anda simpan di DepositoBPR akan aman. Seluruh produk termasuk DepositoBPR sama amannya dengan bank umum karena ada jaminan untuk dana sampai Rp2 miliar per akun dari Lembaga Penjamin Simpanan. Selain itu, platform Komunal yang menghubungkan deposan (orang yang buka deposito dari Komunal) dan Mitra BPR sudah berizin dan diawasi OJK sejak Juni 2021. Tak hanya itu, Komunal juga terdaftar resmi di AFPI dan Fintech Indonesia.



Bunga Tinggi dan Paling Stabil


BPR menyalurkan kreditnya secara spesifik ke UKM dengan suku bunga yang lebih tinggi daripada kebanyakan bank umum. Dengan begitu, dana simpanan Anda di BPR pun akan mendapatkan bunga yang tinggi. Anda bisa memasukkan nominal penempatan mulai dari Rp1 juta dengan imbal hasil hingga 6% per tahun. Tingkat bunga ini termasuk yang tertinggi dibandingkan suku bunga kredit dan simpanan lain yang diatur Bank Indonesia. Lain dengan instrumen investasi yang berisiko lebih tinggi, deposito merupakan jenis investasi paling stabil.



Transparan dan Mudah


Sekarang tak perlu repot bolak-balik ke bank tempat Anda menyimpan dana hanya untuk pendaftaran. DepositoBPR sudah didukung oleh kecanggihan teknologi keuangan (fintech) tepercaya. Seluruh transaksi Anda di DepositoBPR bisa dilihat melalui smartphone atau komputer di mana pun dan kapan pun. Mulai dari proses pengajuan sampai dengan pendaftaran akun bisa dilakukan secara online.



Kekurangan DepositoBPR


Hasil tidak bisa sebesar saham


Dengan karakteristik “semakin tinggi hasil yang diharapkan, semakin tinggi pula risikonya”, tak semua orang bisa langsung berhasil menikmati hasil investasi yang menggiurkan.



Contohnya, investasi saham yang menjanjikan high return, namun dibalik itu ada high risk yang harus ditempuh sehingga kurang cocok bagi pemula.


Di sisi lain, deposito merupakan jenis investasi yang berisiko rendah dengan imbal hasil yang cukup memuaskan. DepositoBPR tetap memberikan keuntungan melalui risiko yang rendah dan bunga tinggi. Cocok untuk mengamankan aset Anda kedepannya dibandingkan hanya menabung biasa.



Update dan Simulasi Menghitung Bunga DepositoBPR Terbaru untuk Tahun 2022


Belum lengkap rasanya mengetahui apa itu DepositoBPR tanpa mencoba menghitung jumlah bunga yang bisa Anda dapatkan pada akhir tenor. DepositoBPR menawarkan beragam produk deposito dari Mitra BPR yang terpilih dan berpengalaman dengan bunga yang berbeda-beda. Maka untuk mengetahui berapa bunga depositoBPR yang Anda terima, pilihlah produk yang memungkinkan target hasil yang ingin Anda nikmati tercapai saat pengajuan. Mari kita hitung bunga DepositoBPR dengan simulasi perhitungan DepositoBPR sebagai berikut.



Bunga deposito = dana deposito x [(bunga tahunan/12) x jumlah bulan tenor].



Jangan lupa, masukkan pajak 20% ke dalam hitungan tersebut mengingat jumlah deposito yang nanti dicairkan akan dipotong pajak deposito. Dengan melakukan simulasi perhitungan DepositoBPR di awal, akan membantu Anda menentukan berapa nominal penempatan yang diperlukan serta tenor yang tepat.



Namun, kalau tak sempat menghitung sendiri, ada cara yang lebih mudah. Dengan

Untuk menjadi deposan, Anda hanya perlu mempersiapkan dua hal berikut ini:


  • KTP

  • alamat e-mail aktif

Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Menjadi Deposan BPR


    Buka

  1. 2.

    Pilih Daftar Sekarang untuk buka akun, lalu klik opsi Daftar sebagai Deposan.


  1. 3.

    Masukkan data pribadi sesuai KTP, seperti NIK, nama lengkap sesuai KTP, dan sebagainya.


  1. 4.

    Masukkan alamat e-mail yang aktif untuk menerima notifikasi terkait deposito Anda dan masuk ke akun DepositoBPR.


  1. 5.

    Buat password dan konfirmasi.


  1. 6.

    Klik Lanjutkan.


  1. 7.

    Selanjutnya, masukkan informasi umum, seperti nomor rekening bank, dan unggah foto KTP dan selfie.


  1. 8.

    Baca dan setujui syarat dan ketentuan.


  1. 9.

    Cek e-mail Anda dan lakukan verifikasi untuk melanjutkan pengajuan deposito.


  1. 10.

    Tunggu hingga rekening bank Anda selesai diverifikasi (maksimal 1 hari kerja).


  1. 11.

    Tunggu hingga akun PrivyID Anda dibuat. Akun ini merupakan digital signature resmi yang digunakan dalam pengajuan deposito.


  1. 12.

    Jika poin 9-11 selesai, kotak kuning akan menghilang dan Anda dapat melanjutkan pengajuan.


  1. 13.

    Selanjutnya, Anda bisa pilih jenis produk depositoBPR yang tersedia, mulai dari tenor 1 bulan hingga 12 bulan dari 1.500 Mitra BPR yang tersebar di Jawa Timur. Tentukan yang paling sesuai dengan tujuan Anda. Pastikan tenor yang Anda pilih bisa mencapai target hasil yang Anda butuhkan.


  1. 14.

    Pahami deposito yang dipilih. Pada bagian ini, Anda akan dapat melihat lebih detail tentang produk deposito yang dipilih. Mulai dari neraca keuangan terbaru hingga estimasi perhitungan pengembalian dana saat pencairan. Perlu diingat, nilai ini masih gross atau belum termasuk pajak deposito 20%. Jika sudah yakin, masukkan jumlah dana yang ingin ditempatkan dan klik Ajukan Deposito untuk melanjutkan.


  1. 15.

    Lengkapi data diri dan detail pekerjaan.


  1. 16.

    Selanjutnya, isi alamat surat-menyurat, lalu pilih opsi alamat pengiriman bilyet deposito Anda. Memiliki bilyet penting bagi deposan sebagai bukti kepemilikan. Jika alamat sesuai KTP, pilih opsi pertama. Jika alamat berbeda dari KTP, bilyet akan dikirim ke alamat domisili saat ini atau alamat lain (opsi kedua). Dengan memilih opsi 2, isi alamat dengan lengkap dan jelas, lalu Simpan Data.


  1. 17.

    Klik Ajukan Deposito. Perhatikan lagi detail deposito dan jumlah penempatan sebelum melanjutkan pengajuan.


  1. 18.

    Baca dengan teliti syarat dan ketentuan pembukaan produk deposito.


  1. 19.

    Klik Lanjutkan untuk menandatangani dokumen surat kuasa dengan PrivyID. Dari sini, Anda akan diarahkan masuk ke akun PrivyID Anda. Baca surat kuasa dan tanda tangani.


  1. 20.

    Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor Anda sebagai konfirmasi.


  1. 21.

    Tunggu hingga pengajuan disetujui oleh BPR. Status pengajuan Anda pada tahap ini adalah Diulas.


  1. 22.

    Setelah disetujui, notifikasi akan dikirim melalui e-mail. Buka e-mail dan lakukan pembayaran dengan menekan Pay Now. Pembayaran dapat dilakukan ke salah satu bank yang ditunjuk BPR. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan.


  1. 23.

    Untuk setoran dana di bawah Rp25 juta, gunakan metode Transfer Online. Untuk dana di atas Rp100 juta gunakan RTGS.



Simpulan


Setelah pengajuan deposito Anda berhasil, akan muncul notifikasi. Anda hanya perlu menunggu bilyet dibuat dan dikirim ke alamat Anda. Mulai saat ini, Anda sudah resmi menjadi deposan BPR dan tinggal menunggu hasilnya sesuai masa tenor yang dipilih. Melalui Komunal DepositoBPR, proses pengajuan deposito menjadi lebih praktis, cepat, dan nyaman. Tunggu apa lagi,











share

Bagikan